Sejarah komputer dari pra sejarah sampai starwars

Aku mau cerita sejarah komputer.

Bagi yang kuliah TI pasti kenyang baca ginian, ini versi aku lho bukan versi textbook jadi jangan jadikan sebagai bahan ujian.

Jaman Fosil pra sejarah

percaya gak, jaman pra sejarah udah ada komputer ???
iya ada komputer disana di Babilonia sekarang namanya Irak, kemungkinan besar di cina juga ada, nama nya Abacus atau sempoa, gak tau deh kalo orang amrik ngebakar itu komputer bersejarah. Btw gue gak tau cara pake abacus atau sempoa itu, tanya orang cina deh, atau anak TK yang belajar sempoa...:))

Jadi fosil gak juga...coba jalan-jalan ke glodok sana, orang cina masih pake sempoa antik nya dari pada pake kalkulator atau komputer cash register.

Blaise Pascal pernah bikin kalkulator mekanik... mekanik gimana mencet ya ? tapi cukuplah buat ngituh tambah dan kurang, jangan coba coba ngitung kalkulus dengan kalkulator ini, bakalan cape mencet nya :)

Charles Babbage juga membuat mekanik komputer, belum bisa dibilang komputer sih karena masih pake mekanik semua.

Jaman komputer Dinosaurus sebelum 1970

Jaman dahulu kala sebelum para komputer pc lahir, hidup dinosaurus komputer sebesar gudang, makanan nya listrik ribuan watt, jalan nya lelet kayak truk keberatan badan. Komponen nya pake Tabung elektron sebelum th 1950, th sudah 1960an pake transistor tapi tetap aja body nya segede gudang.

Dan yang lebih sedih lagi orang yang naekin (pake) komputer harus orang terlatih, enggak sembarangan orang bisa pake komputer. Perusahaan super tajir, pemerintahan dan universitas aja yang bisa piara itu dinosaurus komputer. yang lebih menyedihkan lagi orang yang pake dino yang satu belum tentu bisa pake dino yang laen, masing masing punya cara nya sendiri.

Cara pake nya hmmm kayak nya elo harus ngantri deh, misal nya punya itung itungan program elo harus ngantri dulu bikin SIM card eh punch card, trus masukin ke mesin...setelah dimakan baru keluar deh tai nya eh...sory hasil nya, kalo salah ya ulang dari awal, kan belon ada SIM isi ulang di sini...jadi harus beli baru lagi, bokek dah gue

Yang termasuk fosil fosil dino ini adalah
ENIAC, UNIVAC sory gak apal gue belon lahir sih...

Jaman komputer kecil (mini computer) 1970-1980

Jaman ini dimulai dengan komponen yang kecil memakai IC, makan listrik nya lebih kecil, dan ukuran nya gak gede gede banget...tapi tetep aja gede, minimal ukuran lemari pakaian. OS nya kebanyakan udah pake UNIX tapi tetep aja susah bikin program nya btw belon ada monitor yang asik di pelototin di sini :((

Cara kerjanya mirip dengan jurangan-jongos, ada satu juragan yang tajir banget dan banyak sekali jongos yang kerja di situ...Ya kayak jaman penjajahan dulu lho...juragan nya namanya mainframe, jongos nya namanya dumb terminal... dumb kan bodoh jadi Kayak orang belanda kan "Goblok Koe"...walaupun kerjaan elo udah bener

tahun 1970 OS UNIX dibuat oleh Bell lab, sekarang AT&T tapi dipakai oleh komputer komputer gede gajah aja, belum UNIX buat pc tahun 70an, Iseng juga sih orang telkom bikin OS komputer.

Btw gue masih kecil dan belon tau ada binatang yang nama nya komputer. jadi belon maenan komputer...paling sepeda butut...

Embrio PC mulai lahir di sini di tandai dengan kit altair 8800 pake prosessor 8080, yang di pake ngoprek sama bill gates & paul alen.

Embrio DOS untuk pc adalah CP/M dikembangkan oleh digital research, nama awal dari DOS adalah QDOS (Quick and Dirty Operating System), wah gimana sih udah kecil jorok lagi... dan DOS bertahan sebagai OS sampai jaman Windows 95.

Jaman mikro komputer 1980-1990

Nah jaman ini muncul dan PC (personal komputer), sebenarnya komputer pc pertama adalah apple bukan ibm pc, dibuat oleh steve jobs & Steve Wozniak. Kemudian Bill gates & Paul Allen membuat program basic untuk komputer 8080.

Komputer ber GUI pertama bukan lah apple atau windows, tapi xerox alto workstation produksi dari xerox. Inilah komputer pertama pake mouse.

Periode ini IBM-PC + DOS merajai komputer kelas jangkrik (karena kalo lagi dipake bunyi hardisk & disket nya krik...krik...krik...), dilain pihak Apple mulai menjual PC dengan grafik yang ciamik dengan nama Apple MacIntosh. MS Windows sebenarnya sudah lahir tapi masih di anak tirikan karena ya itu anak tiri...disuruh kerja berat aja udah ngos ngosan...baru Windows 3.1 bisa dibisa disuruh kerja berat.

Penyakit virus, trojan mulai berkembang biak di DOS...melalui perantara disket...gak tau deh yang laen soalnya internet kan belum beredar di kalangan murmer...

UNIX dipakai oleh komputer komputer kelas berat, karena body nya yang gede, masih turunan dino sih, harga nya amit-amit mahal banget, tujuh turunan gak kebeli dah komputer UNIX. Belon ada OS UNIX yang gratis di sini, OS UNIX yang populer disini adalah SunOS, SCO, AIX, dan HP-UX. Eh sory Sebenar nya universitas Berkeley punya software UNIX BSD yang menjadi basis dari UNIX komersial tadi.

Software opensource sebenar nya mulai di pelopori oleh si gondrong Richard Stallman, dengan proyek GNU nya jauh sebelum Linus Torvald bikin linux. Tapi sayang nya software nya gak populer sebelum linux lahir.

Jaringan Internet belum berkembang di sini, baru mulai dipakai oleh orang orang elit aja di amrik sana...kita wah masih jaman kegelapan (jahiliah) tanpa internet.

Jaman reformasi PC 1990-2000

Jaman ini ditandai dengan kelahiran Windows 95 yang di iringi dengan lagu "Start Me UP" nya Rolling Stones, sayang nya Mr. Bill gates lupa bahwa ada terusannya "You Make a Grow Man Cry", kasian tuh orang sampe nangis nangis pake Windows 95 (gak tau kena virus apa file nya pada ilang). Orang sampe antri untuk beli Windows 95, gak tau deh pada mau mudik kemana...sukses windows di teruskan dengan windows 98, ME, 2000 dan XP, sekarang Vista yang "WOW" itu lho.

Sayangnya sukses nya juga di ikuti oleh wabah penyakit menular yang sangat berbahaya menjakiti seluruh dunia (Virus, worm, trojan, spyware, spam), sampai sampai jaringan internet macet gara gara penyakit virus ini.

Saat ini kalau beli komputer hampir pasti isinya Intel+windows, masih sedikit pilihan lain, sebenarnya banyak OS lain tapi hanya menduduki urutan ke sekian dari partai OS.

Linux lahir dari tangan dingin si Linus Torvald, nyontek dari OS Minix buatan dosen nya Andrew Tanembaum (dosen yang baik OS nya boleh di contek). Dosen nya sempet debat sengit karena linux berbeda filosopi dengan yang di ajarin dosen nya, biasa dosen kalo lagi iri kayak begini...

Beberapa tahun setelah itu temen-temen nya sedunia internet keroyokan membuat OS linux lebih ciamik... Linux mulai berhasil menjadi lirikan IT Admin untuk dipasang di server server nya. Kebanyakan sih install ngumpet ngumpet gak bilang bos nya, kalo server nya di pasang linux... bos nya kan masih belon tau ada binatang nama nya linux

Linux saat ini belum menjadi pilihan untuk di pasang di komputer gajah... soalnya ya belon kuat aja... maklum masih belajar di TK-SD. grafik nya juga belon asik dipakai bekerja, kebanyakan orang belum tau ada binatang yang bernama linux. Yang pake linux hampir pasti orang dari akademik, Admin IT, atau orang yang antusias dengan IT.

Di dunia UNIX ada FreeBSD yang populer di kalangan tertentu saja, enggak sepopuler linux sih. UNIX komersial semakin merajai Komputer komputer turunan Dino...harga nya semakin mahal aja...gak kebeli deh.

Jaman ini internet mulai merajai dunia, pertengahan 90an kalo enggak kenal web, chatting, email, ya masih gak gaul. yahoo.com saat ini seakan menjadi web site wajib yang harus di kunjungi. Soalnya yahoo.com yang menjadi mesin pelacak yang paling tangguh.

Jaman Online th 2000-now

Iya semua (hampir semua) nya bisa online pada jaman ini. Ditandai oleh teknologi wireless, teknologi internet, dan software yang semakin beragam.

Lahir barang barang kecil seperti HP, PDA, mp3 player, games konsol, media player, kamera digital yang bisa di kantongin, dan kalau perlu semua nya bisa online ke internet. eh tau gak semua itu isi nya komputer juga...jadi komputer yang dulu segede dino, sekarang sekecil semut...:)) asik juga liat anak SD udah pegang pegang game, mp3 player, hp...dll gue jadi ngiri masa kecil gue deh...hihihi.

Windows semakin menguasai dengan kelahiran Windows XP, hasil blasteran dari Windows NT & Windows 98, hampir menjadi makanan wajib yang baru pegang komputer. tapi dikikuti penyakir virus, worm yang sekarang semakin meraja rela melalui internet, email, p2p.

Windows Vista "WOW" lahir, dengan interface yang bisa goyang goyang inul. Dengan meminta spesifikasi highend yang 1 tahun kemudian menjadi mainstream. jadi kalau pake windows vista sekarang 1 tahun lagi baru bisa di nikmati dengan nyaman. Soal penyakit ya biasa lah, windows selalu penyakitan entah sampai kapan.

Linux mulai di lirik sebagai OS alternatif, Gnome & KDE tampil dengan desktop yang mature, canggih...menyaingi Windows XP, MacOS. Apalagi disini setelah Polisi seakan sok tau ngerazia warnet warnet. yang pakai OS Bjk. Buru buru deh warnet pada mingrasi ke linux atau pakai OS windows "ASLI". Tapi razia ini belum menyentuh kantor kantor dan pemakai rumahan, padahal ini paling banyak yang pakai OS bjk.

Linux juga mulai dilirik sebagai OS di server server, soalnya sudah bisa menyaingi UNIX dengan harga yang sangat murah. Bahkan banyak yang membuat linux Cluster, cluster itu komputer keroyokan yang ngerjain tugas tugas yang maha berat.

Sebagai bayangan linux cluster vs server gede gajah (mainframe misalnya) seperti keroyokan Raptor vs T-Rex, masa gak nonton Jurassic park sih...T-Rex tenaga nya memang gede luar biasa...tapi keroyokan raptor akan lebih cepat bekerja.

Vendor UNIX komersial mulai melirik linux sebagai kawan & lawan. Yang menyerang linux mulai dari Microsoft sampai SCO. oh Iya SCO ini lucu...sebagai pemegang lisensi UNIX memang dia kebakaran rambut kribo & jengot nya kalau sampai linux bisa menguasai dunia, Unix gak kebagian kue lagi dong...

Padahal siapa yang mau di serang...Linux itu ibarat makhluk ghaib...bisa dirasakan tapi tidak bisa di lihat...gak ada satu pun perusahaan, pemerintah, orang yang meguasai hajat hidup linux...Linux milik publik...jadi siapa yang akan di serang ???...ghostbuster aja belum tentu bisa membasmi linux, apalagi SCO enggak bisa...yang di serang SCO kan IBM sedangkan programmer linux ada di seluruh dunia.

Yang menemani linux labih banyak lagi dari IBM, HP, Sun, oracle, sampai warnet pun mulai ber linux ria...ya free bagi vendor besar, dan gratis bagi IT kecil kecilan.

Vendor UNIX mulai membagi bagi gratis OS nya melihat benefit yang bisa diperoleh dari dunia opensource, di pelopori oleh SUN dengan opensource solaris nya...hehehe asik nih di harapkan vendor unix lain juga akan membuat opensouce OS nya.

UNIX juga mulai mendapat muka baru dengan dikembangkan nya MacOSX, OS yang ciamik...grafik yang canggih dengan OS UNIX yang powerfull.

Internet...wah saat ini kalo gak online gak gaul deh, soalnya hampir semua barang bisa online dari mulai gadget mp3 player, hp, game konsol, wireless hotspot, voip...gue bisa email, buka web, yang jauh di ujung dunia sana...bahkan alien di planet klingon kalo online bisa di akses dari internet...ups... entar gue jadi borg nih...

Search engine terbaik saat ini google hampir semua nya bisa di cari pake google, dari kuman, foto, artikel, ebook, film, video, music...dll bahkan profil orang bisa di google dulu...mangkanya kalo nyari cewek saat ini coba googling dulu, kalo pernah internetan pasti ada jejak nya di internet, entah foto, alamat, artikel, sampe kartu kredit. Sekarang google sudah meluncurkan googleearth, yang kita bisa terbang virtual dari kampung ke kota, ke tengah laut, dan ke atas gunung. Sebentar lagi kita bisa terbang virtual ke galaxy bima sakti, ke andromeda, atau ke bintang bintang di ujung alam semesta.

Tapi tunggu google sedang riset dna search engine jadi semua orang bisa di search DNA nya...wajar aja google sekarang aja punya ribuan komputer cluster terbesar di dunia. Nah mau lari kemana lagi lo...

Teknologi GPS udah menjangkau semua permukaan bumi, ya di permukaan... gue gak atu kalo elo terbang ke luar angkasa, atau ngumpet di gua paling bawah bisa gak di lacak GPS. So kalo gue hidup di hutan aja masih bisa di lacak pake GPS dimana lagi bisa ngumpet di kolong dunia ini yang kecil ini...inilah era globalisasi sesungguhnya...

Jaman biokomputer... abad selanjutnya kalo gue masih hidup

Silahkan menghayal...hmmm teknologi nya sudah ada hari ini tinggal implementasi nya.

IPv6 yang di kembangkan mulai th 1995 dipakai besar besaran, IPV6 ini memakai 128bit dibadingkan dengan ipv4 yang 32bit, dengan IPv6 ini sepertinya setiap sel tubuh kita bisa di kasih IP :), jadi ketauan tuh sel mana saja yang sedang down...hehehe

Teknologi komputer juga mengecil bisa seukuran atom, dengan bahan yang tidak lagi di dominasi oleh silikon, bisa saja bagian tubuh kita menjadi komputer...biocomputer...tepat.

Internet juga enggak cuma di dunia yang kecil ini...tapi sudah menjelajah ke ujung galaxy sana...jadi silahkan cari www.klingon.com, silahkan kirim email ke pesawat StarTrek, dan hologram confrence dengan Luke Skywalker.

Robot yang bisa bekerja sendiri...dan hidup sendiri...ah aku gak percaya robot yang isi nya komputer + besi bisa hidup...:)) aku gak mau di saingi oleh robot...hehehe, banyak film futuristik banyak mengexpoitasi masalah ini misalnya I robot, The Matrix, StarTrek, StarWars...dll

Sial...aku gak bisa ngumpet lagi di dunia ini...ada gps yang di tanam di tengkuk ini...setiap orang bisa di indentifikasi lagi ada di mana, lagi ngapain, bisa di hubungi setiap saat...wah gak bisa bolos, bersenang senang lagi deh...semua nya ketauan bos gue...gue congkel aja ini gps...

Eh internet isi nya juga gak cuma email, chatting, web...udah ada voip, video, radio, tv, duit bahkan hologram confrence...semuanya lewat internet...gak tau deh kalo teknology materi tranfer udah dibuat...kita bisa berjalan jalan ke dunia sana lewat internet... hiii gue sih ngeri kalo kena time out, kepala & badan gue bisa misah di internet...hehehe

OS juga kayak nya udah bisa multi platform, semua software bisa jalan di semua platform...ini impian tapi kenyataan nya tetap aja ada UNIX, MacOS, Linux, xBSD, Windows... dan semua nya gak saling kompatible...

Hmmm Tapi komputer yang paling canggih di dunia...gak akan bisa di tandingi oleh teknologi komputer paling canggih sekali pun adalah isi kepala kita...aku percaya kekuatan komputasi otak kepala lebih canggih dari pada komputer yang paling canggih...

Kurniadi

Comments

Comment viewing options

Select your preferred way to display the comments and click "Save settings" to activate your changes.

kulihat paragraf terakhir,

kulihat paragraf terakhir, seakan-akan engkau melecehkan pacarku!!! Tapi aku sangat setuju dengan hal itu. karena brainware adalah ciptaan TUHAN dan komputer adalah ciptaan manusia
VIVA LINUX!!!

Ga da kata lain selain

Ga da kata lain selain keren! Cool abis.

Sedikit intermezo aja tahun 80an udah ada cikal bakalnya internet walaupun waktu itu untuk masuk ke satu situs harus konek langsung kesitu dan tampilannya masih konsole/text dengan tampilan warna warni namanya BBS atawa Bulletin Board System. Ga tau deh BBS ini bisa dibilang cikal bakalnya internet atau bukan yang jelas ini salah satu media yang digunakan untuk komunikasi antar jaringan pada waktu itu. HamNet, Bajaj Online dan banyak situs lain yang bercokol pada waktu itu. Mana inget disuruh nyebutin satu-satu udah lama banget :P

- Zarathustra -

sory th 80an gue belon maenan internet

Wah sory berat nih, aku belum maenan komputer & internet. th 80an masih SD-SMP, enggak tau yang nama nya BBS. seperti nya sih bisa juga di sebuat cikal bakal internet, BBS ini biasanya memakai dial-up dengan satu server, gak tau deh server-server BBS bisa saling berhubungan apa tidak. Di lain pihak ada teknologi radiopaket yang sudah banyak dipakai.
Teknologi LAN masih pakai ethernet 10baseT, sedangkan WAN ada E1, dan VSAT yang masih mahal sekali, WLAN belum ada...:))

Kurniadi

gue juga belon tau

sama...gue juga taon 80-an masih SD-SMP ....... baru kenal 8088 4,7 mhz. kelas 4/5 SD, boro2 mah kenal internet.....

pertama kenal komputer kelas

pertama kenal komputer kelas 3 smp (1991) di rumah oom gw di semarang.
saat itu pula gw diajarin obat paling mujarab kalo komputer hang.
ctrl + alt + del

sangat mudah dicerna

penjelasan yang sangat mudah dicerna,good,coba yang udah jago linux cara menejelaskannya kayak gini dan ga usah ngomongin teknikal yang terlalu njlimet kayaknya banyak yang suka linux
candra adi putra
http://etix.wordpress.com

Paragraf akhir yng keren

Wa setuju ma point paragraf akhirlw emg bener, brainware adalah ciptaan TUHAN dan komputer adalah ciptaan manusia.. Karena yakin otak kita itu sangat mudah terjaga... Klo processor na panas??? Tgl dikompress... Trus process shutdown na kadang2 cpt lagi.. Tiba2 shutdown sendiri klo lagi capek... Dan lebih lagi kadang2 tanpa harus diformat memory wa lagsung ilang ndiri...

Wow kenapa otak wa agak RUSAk y???

#??#

rusak...bisa aja kok entar lo jadi gelo

otak rusak, bisa aja kena strok, shock, kepala kepanasan gak pake heatsink... akhir nya koslet isi nya. Dan akhir nya OS nya ancur...gak ada yang dikerjain...paling keliling kampung sambil nyanyi nyanyi...baju ya gak dipikirin lagi deh nama nya juga gelo...

Kurniadi

Permasalahnna Brainware

Bener juga tuh.... Klo Brainware rusak susah nyari perbaikanna....

#??#

update sedikit sejarah nya

update nambahin blaise pascal kalkulator, dan beberapa kata kata...
surprise juga gue banyak yang suka tulisan kayak begini :))
di buat tanggal 15/05/2006 sekarang 13/03/2008 berarti udah 22 bulan dan hit nya 20353 jadi sebulan ada yang baca kira2 900 orang, sehari kira2 ada 30 orang yang baca :))

Sory sekarang blon punya ide bagus nih bikin blog yang asik...:((

Kurniadi

Sejarah komputer

Saya baru tahu tuh sejarah komputer bagus juga yah, buat tambah wawasan
Tapi tolong sejarah komputer menurut versi ilmiah bagaimana terima kasih semoga bermanfaat.

versi ilmiah sih udah banyak cari aja

cari aja buku komputer, pasti ada sejarah komputer, trus di wiki juga banyak... kalo ini something different...supaya gak pusing

Kurniadi

Kita & Komputer Masa Depan

Kalau kita lihat sejarah pasti kita juga akan melihat masa yang akan datang...karena itu:
dari urutan waktu komputer pra sejarah smp sekarang
adakah kontribusi orang Indonesia untuk IT (komputer) ?
kenapa hal ini terjadi ?
karena dalam menjalankan suatu program biasanya di komputer tertulis "run" dalam bahasa kita, disebut "menjalankan" program, makanya kita selalu ketinggalan. gimana ini?

Johan Hikmat

Proyek internasionalisasi

Proyek internasionalisasi yang bikin bingung was "run" = melarikan ??

Memang proyek Internasionalisasi kadang bikin bingung, beberapa tahun ini banyak software di coba pake bahsa indonesia, aku sudah coba Firefox_ID hasilnya... agak aneh sih, coba download = unduh ini dari bahasa sunda, extension = pengaya, link = tautan, ada lagi tadi pagi gigabyte = gigabite. Mudah mudahan makin banyak kosakata teknik IT menjadi makin manusiawi bahasa komputer, internet, linux dll. Tetap saja kalo mempelajari jeroan nya harus pake bahasa asalnya. Misalnya bahasa C ya pake bhs inggris lah... kayak orang mau belajar ilmu quran selevel ulama, ya harus pelajari bahasa arab nya jangan cuma belajar dari terjemahan aja.

Btw sepertinya proyek internasionalisasi yang dipelopri oleh iso , kita bisa melihat komputer dalam bahasa jawa, sunda, kan indonesia banyak bahasa daerah nya

Kurniadi

He he he .... menarik

He he he .... menarik juga.
Buat yang agak dalam pengetahuan sistem operasinya rada dalam,
ini juga cerita sejarah komputer ala starwars yang kocak:
http://www.frenzied.us/~jaebear/starwars/unixwars.html

Baca endingnya yang indah buat para Jedi Open Source ...
"May the source, be with you" !

Saya baru mengenal yang

Saya baru mengenal yang namanya LINUX !!! saya mau belajar tentang apa itu LINUX!!!
Kepada para master-master! LINUX mau dong diajarin cara pemakaian benda yang satu ini
Dan tips2 / trik cara pemakaian yang gampang?

trima kasih................

Bravo LINUX!!!!!!!!!!

Kecepatan komputer akan

Kecepatan komputer akan menuju/menyamai kecepatan "cahaya"...Gimana ya linux...? masih mampukah menjadi OS andalan...?

Gooooooo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Linux....slap....ting.............
herman

aku mau tanya donk sama yg

aku mau tanya donk sama yg buat blog ini...........
itu kan sejarah nya komputer kan...!!!! tp yg diluar negri aja yaaa.....
komputer masuk ke Indonesia taon brp sich...?????
trus apa nama komputer pertama di Indonesia ini...????

tolong ya di jawab.....
siapa aja yg tau jawabannya
tolongin yaaa.......

please....please... .......banget............

aku mau tanya donk sama yg

aku mau tanya donk sama yg buat blog ini...........
itu kan sejarah nya komputer kan...!!!! tp yg diluar negri aja yaaa.....
komputer masuk ke Indonesia taon brp sich...?????
trus apa nama komputer pertama di Indonesia ini...????

tolong ya di jawab.....
siapa aja yg tau jawabannya
tolongin yaaa.......

please....please... .......banget............

aku mau tanya donk sama yg

aku mau tanya donk sama yg buat blog ini...........
itu kan sejarah nya komputer kan...!!!! tp yg diluar negri aja yaaa.....
komputer masuk ke Indonesia taon brp sich...?????
trus apa nama komputer pertama di Indonesia ini...????

tolong ya di jawab.....
siapa aja yg tau jawabannya
tolongin yaaa.......

please....please... .......banget............

Sory aku gak tau kapan persis

Sory aku gak tau kapan persis nya komputer jadul itu di pake di tanah air, di jaman londo kah, jaman jepun, jaman revolusi, atau jaman reformasi ? aku gak tau persis nya. Gak ada dokumentasi nya sih.

Kayaknya harus tanya sama mbah nya pengoprek komputer nih, coba deh tanya sama kang Onno w Purbo, Pak Budi Rahardjo, dan Pak IMW (I Made Wiryana) yang dulu bertapa di padepokan silat ITB. Pasti tau ada komputer pake kartu (punch card) tanpa isi ulang di sana. Juga yang pernah Bertapa di UI, mbah nya pak Rahmat M Samik Ibrahim. http://rms46.blogspot.com/ pasti tahu kapan pasti nya ada komputer di kampus UI.

Di kambing.ui.edu aja ada pernyataan UI sudah 25 tahun pake UNIX. Gak tau lah padepokan yang lain, Pastinya kampus negeri dapet donatur komputer dari luar dengan mudah.

Kurniadi

kenapa ya banyak yang

kenapa ya banyak yang menganggap linux adalah OS? linux adalah kernel, hanya sekedar kernel yang mendiamai konputer kita, ponsel kita, pda kita, etc!!!

update beberapa

update beberapa kalimat

Altair yang dipake bill gates adalah altair 8800 memakai processor intel 8080 bukan zilog 80. Update komputer GUI pertama adalah xeorx alto, Update windows Vista "WOW", dan update google earth.

Surprise juga nih sampai saat ini, blog ini telah di lihat oleh 62912 user. Selama 2 1/2 tahun jadi kira kira 69 orang yang membaca setiap hari dan termasuk All time blog.

Kurniadi

bagian ini nih yang bikin aku

bagian ini nih yang bikin aku awalnya serius jadi ketawa ngakak hahahaha

Jaman biokomputer... abad selanjutnya kalo gue masih hidup

yah yah keren abissss artikel di atas.

bagian ini nih yang bikin aku

bagian ini nih yang bikin aku awalnya serius jadi ketawa ngakak hahahaha

Jaman biokomputer... abad selanjutnya kalo gue masih hidup

yah yah keren abissss artikel di atas.

hehehe... banyak yang seneng

hehehe... banyak yang seneng ya artikel kayak begini, mengurangin stress :)
btw ini link link refrensi sejarah komputer koreksi kalo ada yang salah
http://en.wikipedia.org/wiki/CP/M
http://en.wikipedia.org/wiki/DOS
http://www.pbs.org/nerds/timeline/index.html
http://www.computerhistory.org/
http://www.levenez.com/
http://www.bell-labs.com/history/unix/
http://www.osdata.com/kind/history.htm

Kurniadi

ya juga sih..........ada yang

ya juga sih..........ada yang lain gak????? biar kita ketawa gitu

ada, blog aku os vs cewek...

ada, blog aku os vs cewek... bikin udah lama banget, buka aja http://linux.or.id/node/840 mungkin gak akurat tapi itu lah... enjoy

Kurniadi

sama tuh,,,aq juga gak mau di

sama tuh,,,aq juga gak mau di tindas robot...
saya yakin semua juga gak mau diperbudak sama karyanya sendiri,
yang buat manusia yang jadi budak manusia juga....
kan bahaya...

Iya... Keren abiiss

Iya... Keren abiiss dahh....
di jaman itu aku malahan belum lahir pak dhee...!!

walah. . .ternyata komputer

walah. . .ternyata komputer dah dari jaman bakhela yah. . .trus masuk ke indonesia kapan yah ??

sampai2 kini javahostindo web hosting indonesia udah menjadi web hosting yang mantap.

Ternyata udh lama

Ternyata udh lama perkembangannya..
Nice info dah!
Bravo LINUX!

Artikelnya menarik, Sob.

Artikelnya menarik, Sob. Sangat bermanfaat.

thx, jadi lebih tau tentang sej kom :)

Yusuf Blog