Pemula : Mounting Drive dan partisi secara manual lewat terminal

Ketika kita bekerja dengan sistem linux kadang partisi atau drive yang ada di komputer tidak bisa diakses datanya. Partisi2 yang ada di hardisk tidak muncul di dalam explorer milik linux.

Di linux setiap drive akan disimpan sebagai folder di direktori /dev. Direktori tersebut tidak bisa diakses atau dilihat file2nya sebelum kita mount. Di Linux sendiri ada proses mounting ada dua macam. mounting otomatis dan mounting manual. Untuk mounting otomatis kita dapat langsung mengakses data di direktory tersebut lewat icon shortcut di desktop. Mounting otomatis ini bisa kita dapati di distro LinuxMint Daryna yang sudah support file system NTFS. Jadi ketika di hardisk kita terdapat partisi NTFS linuxMint sudah bisa memountnya secara otomatis dan langsung dapat diakses datanya.

Untuk mounting manual yang perlu diketahui terlebih dahulu penamaan partisi di Linux. Di directory /dev penamaan partisi atau direktori diatur sebagai berikut :

1. Hardisk ATA/PATA/IDE menggunakan nama hda1, hda2, hdb1, hdb2, dst.

Penjelasan : hd adalah nama untuk hardisk ATA, sedang huruf 'a' dan 'b' menunjukkan hardisk yang pertama dan kedua. Sedang angka 1, 2, 3, dst menunjukkan partisi dari hardisk tersebut. Contoh : hda1, hardisk ATA pertama partisi ke 1. hdb2, hardisk ATA kedua partisi ke 2.

2. Hardisk SATA (serial ATA) menggunaan nama sda, sdb, sda1, sda2, sdb1, sdb2, dst

Penjelasan : sd adalah untuk nama hardisk SATA. Sedang huruf 'a' dan 'b' menunjukkan hardisk SATA yang pertama atau kedua. Sedang angka 1, 2, 3, dst menunjukkan partisi dari hardisk tersebut. Contoh : sda1, hardisk SATA pertama partisi ke 1. sdb2, hardisk SATA kedua partisi kedua.

3. UFD atau flashdisk menggunakan nama sdc, sdc1 dst.

4. Sekarang kita mulai dengan command2 di terminal Linux. Untuk melihat device apa saja yang ada di sistem Linux kita melihatnya di directory /dev. ketikkan :

# ls /dev

5. setelah list dari directory /dev ditampilkan lihat dengan seksama partisi yang ingin kita mount. Misalnya kita memutuskan untuk memount partisi dev sdb7. Maka ketik :

# mount /dev/sdb7 /mnt

Penjelasan : mount adalah command sedang /dev/sdb7 adalah lokasi dari device yang akan di mount. Dan /mnt adalah directory tujuan dari proses mount.

6. Sekarang isi dari directory sdb7 bisa kita lihat di directory mount /mnt. Ketik :

# ls /mnt

maka akan tampil list dari sdb7

7. Lawan mount adalah unmount yaitu proses utk melepas suatu device. Ketik :

# umount /dev/sdb7 (tanpa huruf 'n')

Selamat mencoba dan salam linux

aspansyahbudin
YM : trhkuberau

Comments

Comment viewing options

Select your preferred way to display the comments and click "Save settings" to activate your changes.

Untuk yang auto tersimpan

Untuk yang auto tersimpan /etc/fstab, ada tidak ya tutornya?? :)